Peran Admisi Dalam Menjaga Performance Rumah Sakit

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****

Perubahan pola pelayanan kesehatan yang berbasis pasien ini menuntut rumah sakit untuk bersungguh-sungguh memperhatikan pasien bahkan sebelum pasien tersebut dirawat.

Penerimaan pasien rawat inap (admisi), adalah serangkaian proses penerimaan pasien untuk mendapatkan pelayanan di unit rawat inap yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien di tempat penerimaan pasien rawat inap. Proses peneriman pasien rawat inap di RS. Proses penerimaan rawat inap (admisi) dapat berasal dari pelayanan rawat jalan maupun dari pelayanan pasien gawat darurat yang sudah stabil. Tujuan pelayanan admisi antara lain untuk meningkatkan pemberian informasi kepada pasien dan keluarga, menciptakan tertib administrasi yang teratur, dan menyediakan berkas rekam medis dan klarifikasi data pasien yang akan masuk rumah sakit. Dengan adanya proses admisi di RS diharapkan pasien dan keluarga mendapat penjelasan tentang general consent, hak dan kewajiban, privasi pasien,, pembiayaan dan hal hal lain yang dibutuhkan pasien selama dirawat di rumah sakit.

Tata cara dan pengaturan pasien rawat inap (admissions) dan prosedur pasien pulang (discharge sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pasien pada semua sektor pelayanan di rumah sakit. Kerjasama sangat dibutuhkan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan itu telah direncanakan, diatur dan diberikan sesuai dengan pendekatan berbasis pasien (patient centered) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memberikan rasa berkeadilan.

Semoga ikhtiar memberikan pelayanan terbaik menjadi amalan kehidupan kita yang terbaik.

Selamat berakhir pekan.