Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Melakukan Inspeksi Keselamatan Radiasi dalam Pemanfaatan SRP di RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan Inspeksi Keselamatan Radiasi dalam pemanfaatan sumber radiasi pengion (SRP) di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (30/11)

Tim Inspeksi BAPETEN ini diketuai oleh Inspektur Muda, Mukhlisin, ST, M.Si dengan para anggota tim diantaranya : Iin Indartati, ST, M.Si (Inspektur Muda), Yaya Umaya (Pembantu Inspektur) dan Maradi Abdillah, S.Si (Pembantu Inspektur). Kunjungan Tim Inpeksi direncanakan berlangsung dari Tanggal 30 November s.d 2 Desember 2020.

Kunjungan Tim Inspeksi diterima oleh Jajaran Direksi, Manajemen dan Kepala Instalasi Radioterapi bersama Tim di Aula Rinjani. Pada kesempatan penerimaan rombongan tersebut, Ketua Tim Inspeksi memaparkan Dasar, Tujuan dan ruang lingkup kegiatan Inspeksi selama berada di Rumah sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Adapun ruang lingkup inspeksi adalah kelompok tujuan pemanfaatan Radioterapi meliputi hal-hal yang menyangkut administrasi perizinan, fasilitas kerja, dan sistem keselamatan radiasi.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Instalasi Radioterapi dr. Hadi Nurhadi, Sp. Onk. Rad. menyampaikan gambaran umum Instalasi Radioterapi.

Selanjutnya kegiatan Inspeksi Keselamatan Radiasi dalam pemanfaatan sumber radiasi pengion (SRP) dilanjutkan dengan pemeriksaan lapangan di Instalasi Radioterapi. Berhubung waktu inspeksi bersamaan dengan era pandemi COVID-19, Tim Inspeksi menggunakan APD level 3 selama melakukan pemeriksaan di lapangan.