Alhamdulillah, Satu Modalitas Canggih Untuk Memenuhi Fasilitas Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Terpadu RSUD Provinsi NTB Telah Selesai Terpasang

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋
MATARAM. (27/01). Alhamdulillah, satu modalitas canggih untuk memenuhi fasilitas Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah selesai terpasang.
Modalitas tersebut adalah Alat Cathlab GE Innova. Cath-lab / angiography adalah prosedur atau tindakan kardiologi diagnostic invasive dengan menggunakan sinar-x untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh antara lain, jantung, otak dan ginjal; untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan atau pelebaran pada pembuluh darah tersebut.Alat ini dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail, hal yang tidak bisa dihasilkan oleh prosedur invasive, sehingga membantu secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA)
Dalam rangka persiapan pengoperasional modalitas tersebut, hari ini dilakukan beberapa tahapan diantaranya uji fungsi dan uji kesesuaian radiasi. Uji fungsi alat dimana untuk memastikan modalitas cathlab yang baru terinstal berfungsi dengan baik, dilanjutkan dengan uji kesesuaian alat dan uji paparan radiasi dimana pengujian tersebut selain memastikan radiasi yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria aman yang menjadi salah satu syarat administrasi perizinandari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).
Untuk mengawal proses tahapan tersebut, Kepala Instalasi Radiologi, dr. Dewi Anjarwati, Sp.Rad.,M.Kes menginstruksikan kepada Petugas Proteksi Radiasi Medis Tingkat 2 (PPR medik 2) untuk mengawal proses pengukuran paparan radiasi ruangan yang dilakukan oleh Tim Tekhnis dari Vendor modalitas tersebut.