Peningkatan Pelayanan Cathlab RSUD Provinsi NTB Sejak Tahun 2016

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋
Pelayanan cathlab di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB telah melayani masyarakat Nusa Tenggara Barat sejak November 2016 lalu. RSUD Provinsi NTB konsisten memberikan mutu pelayanan optimal dan tetatp berinovasi dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat NTB. Hari ini (27/01), tindakan kateterisasi yang terjadwal di cathlab RSUD Provinsi NTB sebanyak 2 tindakan, yaitu Percutaneous Coronary Intervention (PCI) dan Coronary Fistula Coiling.
Salah satu tindakan yang dilakukan hari ini merupakan prosedur minimal invasive kateterisasi dengan diagnosis yang jarang ditemui yaitu coronary arteri fistulae. “Tindakan dengan diagnosis ini terbilang langka di NTB. Sebelumnya pernah ditemui tetapi saat itu rumah sakit kita belum dilengkapi dengan cathlab, jadi pilihannya saat itu pasiennya kita rujuk. Untuk sekarang layanan cathlab kita sangat memadai untuk melakukan tindakan dengan diagnosis apapun, dari segi fasilitas dan SDM.” Ujar dr. Romi Ermawan, Sp. JP (K), FIHA, FasCC selaku Kepala Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah Terpadu.
Selanjutnya dr. Romi mengatakan telah dilakukan sebanyak lebih dari 2000 tindakan kateterisasi selama 4 tahun ini. Tidak lama lagi pelayanan kateterisasi jantung akan bertambah 1 ruangan cathlab, tambahan ruangan cathlab 2 akan dilakukan perijinan ke BAPETEN sebelum beroperasional. Dengan bertambahnya ruangan ini diharapkan dapat meningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat NTB ke depannya.