“Jumat Salam”, RSUD Provinsi NTB Silaturhami ke Kelurahan Dasan Agung Baru

Jumat Salam putaran ke sepuluh ini, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB bersilaturahmi di Kelurahan Dasan Agung Baru Kota Mataram. Rombongan RSUD Provinsi NTB diterima langsung oleh Lurah Dasan Agung Baru “Bapak Mahnum, S.Sos” Bersama staf Kelurahan, Para Kepala LIngkungan, Babinsa, Babinkantibmas, Petugas Puskesmas dan Para Kader Posyandu se Kelurahan Dasan Agung Baru.
Kelurahan Dasan Agung Baru secara administrasi sejak tahun 2006 terdiri dari 4 lingkungan dan 19 RT (Rukun Tetangga) dan luas Kelurahan sebesar 106 hektar dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.321 KK dan 5.712 jiwa penduduk. Sebagian besar penduduknya ber-mata pencaharian sebagai karyawan (811 orang) dan Wiraswasta (812 orang) serta sisanya bekerja di bidang pertukangan, pensiunan ASN/ ABRI, dan jasa.

Dalam sambutannya, Lurah Dasan Agung Baru menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi NTB melalui kehadiran RSUD Provinsi NTB dengan membawa program Jumat Salam. Jumat Salam ini merupakan Program Serap Aspirasi Masyarakat, supaya Pejabat Provinsi NTB turun ke desa-desa/ Kelurahan agar dapat menyerap aspirasi dan masyarakat.
Sementara Kepala Bidang Keperawatan “ H. Maksum, SKM, S.Kep, Ns, MSi” mewakili RSUD Provinsi NTB menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Bapak Lurah dan undangan yang berkesempatan hadir.
Program “Jumat Salam” (Jumpa Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat). Tujuannya untuk mendekatkan pemerintah provinsi dengan masyarakat, serta memfasilitasi komunikasi yang lebih baik antara keduanya. Ia menjelaskan, tujuan dari kunjungan ini adalah memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai program pembangunan yang sedang berlangsung di NTB. Selain itu, untuk mendengar aspirasi serta keluhan masyarakat terkait kebijakan-kebijakan atau program yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Dalam diskusi yang berlangsung ada beberapa usulan yang diajukan diantaranya terkait kebutuhan ruang pertemuan Kelurahan dasan Agung Baru yang saat ini belum memadai. Kepala Linkungan juga mengeluhkan terkait kondisi banjir atau genangan air di lingkungan RT 05 dan RT 06 saat hujan yang diakibatkan tidak tersedianya saluran air yang baik. Begitupula banjir ini juga dialami oleh Puskesmas di saat hujan sehingga mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas Dasan Agung menyampaikan bahwa angka stunting yang tercatat saat inisebanyak 14 anak atau sebesar 7,4% dari 187 Balita. Babinkantibmas juga menyampaikan kebutuhan terkait layanan bagi ODGJ yang ada berkeliaran di wilayahnya.
Dari Diskusi tersebut, Tim RSUD Provinsi NTB memberikan tanggapan untuk meneruskan kebutuhan masyarakat terkait bencana banjir/ genangan air, masalah ODGJ dan stunting tersebut kepada OPD terkait di Pemerintah Provinsi NTB. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Humas RSUDP NTB Solikin, SKM, MPH untuk mensosialisasikan ikhtiar RSUD Provinsi NTB dalam menerapkan Elektronik Rekam Medis sebagai solusi memperpendek waktu tunggu pasien. Untuk mendekatkan kayanan RSUD Provinsi NTB juga diperkenalka. Layanan Kegawatdaruratan dirumah melalui kanal PCC di 0800 1111 119 dimana disamping layanan emergency, home care dan evakuasi medis PCC juga membanyu dalam komunikasi rujukan antar rumah sakit. Silaturhami Jumat Salam diakhiri dengan foto Bersama dan menikmati sncak rebusan dan buah serta jamu produk local yang disajikan.